Gaji dokter di Rumah Sakit
Gaji dokter di Rumah Sakit

Berapa Gaji dokter di Rumah Sakit?

Dokter adalah tenaga kesehatan profesional yang dibutuhkan untuk merawat pasien. Dokter adalah profesi yang mengabdi pada masyarakat. Gaji dan tunjangan dokter umum dan spesialis adalah sebagai berikut.

Gaji dokter umum Dokter merupakan profesi yang dibutuhkan di bidang kesehatan, terutama di masa pandemi Covid-19. Dalam dunia kesehatan, dokter adalah profesi yang melayani dan merawat pasien. Pekerjaan medis membutuhkan uang yang tidak sedikit, yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Apalagi profesi medis tidak mengenal masa pensiun karena masih banyak dokter senior yang merawat pasien.

Mahalnya biaya pendaftaran sebanding dengan gaji para dokter saat ini. Gaji dokter bisa bervariasi tergantung jabatan, dokter umum, PNS, spesialis. Dokter yang dibayar dengan baik termasuk, misalnya, dokter kandungan, ahli anestesi, ahli bedah, psikiater, dan profesional lainnya.

Gaji Dokter Umum

Gaji dokter dapat bervariasi tergantung pada lama pelayanan. Misalnya, gaji dokter keluarga dapat bervariasi tergantung pada posisi dan masa kerja.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membuat rekomendasi tentang upah minimum untuk profesi medis. Dokter umum mungkin dibayar kurang dari Rp 3 juta per bulan di beberapa daerah. Biasanya ada dokter yang bekerja di Puskesmas yang berpenghasilan kurang dari Rs 3 juta dan bekerja sebagai pengganti.

Berdasarkan Studi Insentif Tenaga Kesehatan Puskesmas dan penilaian sendiri Lot 1 dan 2 tim Nusantara Sehat, gaji pokok rata-rata untuk dokter adalah Rs 3.849.573,00.

Gaji tidak termasuk tunjangan regional, insentif khusus untuk tenaga kesehatan, biaya makan, biaya pengiriman, dan lainnya. Sedangkan gaji dokter dapat dibagi menjadi daerah terpencil, sangat terpencil dan biasa.

Gaji dokter menurut wilayah adalah sebagai berikut:

  • Gaji dokter di daerah terpencil Rp 3.252.606,00.
  • Gaji dokter di daerah yang sangat terpencil adalah Rp 2.220.000.
  • Sedangkan rata-rata gaji seorang dokter sebesar Rs 3.594.889.

Gaji Dokter Gigi

Gaji dokter gigi dapat bervariasi tergantung pada jam kerja, keterampilan, posisi dan tempat praktik. Di Puskesmas misalnya, gaji dokter gigi bisa mencapai Rp 4-7 juta per bulan.

Dikutip dari akseleran.co.id, gaji seorang dokter gigi yang bekerja di tempat praktik dapat disesuaikan dengan jumlah pasien dan jam kerja. Gaji untuk pengobatan seorang pasien mencapai Rp 250-500 ribu.

Gaji Dokter Spesialis

Spesialis dibayar lebih dari dokter umum dan dokter gigi. Menurut Kementerian Kesehatan, gaji bulanan seorang spesialis mencapai Rs 23-25 ​​juta. Pembayaran ini tidak termasuk insentif tambahan dari layanan kesehatan. Kalau total gaji dokter spesialis bisa mencapai Rp 80 juta per bulan.

Tunjangan Dokter

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/MENKES/412/2015, menjelaskan tentang besaran penghasilan tenaga kesehatan pegawai tidak tetap.

Pengumuman tersebut menjelaskan tentang besaran gaji dan tunjangan yang diberikan pada dokter, dokter spesialis, dan dokter gigi. Setiap daerah mendapatkan gaji yang berbeda. Berikut rincian tunjangan dokter umum, spesialis, dan dokter gigi:

  • Tunjangan insentif pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi spesialis kriteria di daerah terpencil mendapat Rp11.208.00,00. Tunjangan ini dipotong PPh sebesar 7,5% sehingga mendapat insentif bersih sebesar Rp10.367.400,00.
  • Tunjangan insentif pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi spesialis kriteria, di daerah sangat terpencil mendapatkan insentif Rp14.110.00,00. Sedangkan potongan PPh sebesar 7,5% sehingga mendapat insentif bersih sebesar Rp13.051.750,00
  • Tunjangan pegawai tidak tetap dokter atau dokter gigi kriteria di daerah terpencil mendapat Rp 5.695.000,00. Tunjangan tersebut mendapat PPh sebesar 7,5% sehingga mendapat insentif bersih Rp5.267.900,00
  • Tunjangan dokter atau dokter gigi kriteri, di daerah yang sangat terpencil sebesar Rp8.281.000,00. Dipotong PPh sebesar 7,5% sehingga mendapat insentif bersih sebesar Rp7.659.950,00.

Demikian artikel tentang Berapa gaji dokter di rumah sakit? semoga bermanfaat.