Canva
Canva

5 Alternatif Canva untuk Membuat Gambar

Bukan rahasia lagi bahwa orang lebih suka konten visual. Artikel dan postingan media sosial yang berisi gambar memiliki konten lebih dari 200% dibandingkan konten tanpa visual. Tidak masalah jika Anda seorang blogger, profesional PR, atau hanya seseorang yang suka berbagi tautan menarik di Facebook – jika Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas, Anda perlu menyertakan gambar. Tapi di mana untuk memulai? Membuat gambar di media sosial tidak sesulit kedengarannya, dan ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda. Anda dapat menemukan stok foto gratis secara online atau mengeditnya di salah satu dari banyak aplikasi pengeditan gratis. Anda bahkan dapat mengedit foto Anda secara online, dan salah satu alat tersebut adalah Canva.

Canva adalah editor foto online yang populer, tetapi bukan satu-satunya. Banyak aplikasi lain yang mirip dalam penampilan dan fungsionalitas, jadi beralih di antara mereka seharusnya tidak menjadi masalah.

Sebagian besar aplikasi memungkinkan Anda membuat dua jenis gambar media sosial: elemen pencitraan merek (gambar profil dan header) dan konten visual (memposting foto serta tautan dan artikel). Alur kerjanya cukup sederhana dan konsisten di seluruh aplikasi. Mulailah dengan templat ukuran yang telah ditentukan sebelumnya, lalu tambahkan, hapus, dan edit elemen seperti teks dan bentuk. Terakhir, simpan dan posting gambar di profil media sosial Anda. Jadi, jika karena alasan atau harga tertentu Anda tidak menyukai Canva atau ingin mencoba beberapa alternatif, berikut adalah tujuh alat yang perlu dipertimbangkan:

1. BeFunky

Versi seluler BeFunky mungkin sudah tidak asing lagi, karena ada aplikasi untuk iOS dan Android. Namun, Anda juga dapat menggunakan BeFunky di komputer Anda, di browser web apa pun yang mendukung Flash. BeFunky memiliki tiga mode: Editor Foto, Pembuat Kolase, dan Perancang. Anda dapat bermain dengan dua yang pertama, tetapi Anda akan membutuhkan yang ketiga untuk gambar media sosial.

Tidak seperti Canva, di mana semua elemen desain yang tersedia dicampur, BeFunky mengelompokkannya berdasarkan tema (perjalanan, makanan, liburan …). Ini memudahkan untuk menemukan elemen yang tepat untuk proyek Anda saat ini. BeFunky memungkinkan Anda untuk menyimpan gambar yang dibuat di komputer Anda tanpa registrasi, tetapi untuk pekerjaan yang serius Anda perlu membuat akun. Anda kemudian dapat menyimpan gambar ke Facebook, Google Drive, dan Dropbox dan membagikannya di profil media sosial Anda.

Jaringan sosial yang didukung:

  • Template Gambar Header: Facebook, Twitter, Google+, YouTube, Etsy
  • Templat pos: Facebook, Twitter, Google+, Pinterest
  • Bagikan: Facebook, Pinterest, Tumblr, Twitter

2. Desygner

Desygner adalah salah satu aplikasi yang membantu Anda mengungguli persaingan dengan banyak detail cerdas. Mari kita mulai dengan antarmuka. Jika Anda pernah menggunakan kanvas sebelumnya, tidak ada kejutan yang tidak menyenangkan menanti Anda: pilih item di bilah sisi kiri dan edit gambar di area utama di sebelah kanan. Di sini Anda dapat melihat penggaris, tambahan kecil yang berguna yang memudahkan untuk mengatur desain Anda.

Area lain di mana Desygner menonjol adalah dukungan untuk format file. Ia bekerja dengan file PSD, PDF dan PPT dan dapat mengimpor gambar langsung dari Facebook, Instagram, Flickr, Dropbox dan Google Drive. Setelah gambar selesai, Anda dapat mengunduhnya sebagai file JPG, PNG, atau PDF, membagikannya di media sosial atau melalui email, dan bahkan mendapatkan kode sematan untuk situs Anda. Selain template untuk header dan postingan media sosial, Desygner juga menawarkan template untuk iklan Facebook, Instagram, dan Google. Anda dapat menggunakannya di browser Anda atau mengunduh aplikasi seluler (untuk iOS dan Android).

Jaringan sosial yang didukung:

  • Template Gambar Header: Facebook, Twitter, YouTube, Google+, Etsy, LinkedIn
  • Templat posting: Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Tumblr
  • Bagikan: Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, LinkedIn

3. Stensil

Stensil ingin memberikan cara tercepat untuk mengambil foto di media sosial tanpa membuang waktu untuk menemukan kembali roda. Antarmuka yang bersih dan sederhana dengan alur kerja kiri-ke-kanan yang biasa. Anda dapat mencoba Stensil tanpa mendaftar, tetapi Anda memerlukan akun untuk menyimpan perubahan. Ada juga ekstensi browser untuk Chrome dan Firefox.

Jika saya membatasi ulasan ini hanya pada lima hal hebat tentang Stensil, saya akan menyorotinya. Pertama, ia menawarkan template untuk iklan Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan YouTube. Kedua, ia menyediakan gambar dan ikon berlisensi Creative Commons yang dapat Anda gunakan dalam proyek komersial tanpa harus khawatir tentang hak cipta. Plus, Anda tidak perlu membayar untuk setiap gambar yang ingin Anda gunakan, cukup bayar sekali dan dapatkan paket lengkap dengan ribuan bahan desain. Sebelum memublikasikan gambar, Stensil menyediakan pratinjau langsung tentang tampilannya setelah menerbitkan gambar. Last but not least, integrasi Buffer memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting media sosial langsung dari Stensil. Bukankah itu terdengar bagus?

Jaringan sosial yang didukung:

  • Template Gambar Header: Facebook, Twitter, YouTube, Google+
  • Templat pos: Facebook, Instagram, Twitter, Google+, LinkedIn, YouTube
  • Bagikan: Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram

4. Fotojet

Fotojet terlihat seperti campuran Canva dan BeFunky, tetapi tampaknya berjalan lebih lancar dari keduanya (setidaknya di browser web saya). Elemen desain diatur dengan baik ke dalam kategori dan jika layanan yang disediakan oleh Fotojet tidak cukup baik untuk Anda, opsi pencarian akan membantu Anda menemukan lebih banyak. Opsi pengeditan clipart cukup detail dan Anda dapat mengubah warna dan transparansi elemen desain dalam gambar.

Dengan Fotojet Anda dapat membuat kolase dan mengedit foto, dan lebih mudah menggunakan font dari komputer Anda (selain font default). Fotojet terintegrasi dengan baik dengan Facebook, sehingga Anda dapat masuk dengan akun yang ada dan mengimpor foto dari sana.

Jaringan sosial yang didukung:

  • Template Gambar Header: YouTube, Facebook, Google+, Twitter, Tumblr
  • Templat pos: Facebook, Instagram, Pinterest
  • Bagikan: Facebook, Twitter, Pinterest, Tumblr

5. Pablo

Pablo adalah editor foto online super sederhana yang dikembangkan oleh tim Buffer. Ini berarti, tentu saja, Anda dapat menggunakan Buffer untuk memprogram gambar yang diambil dengan Pablo. Itu juga dapat dibagikan di Twitter, Facebook, Instagram, dan Pinterest. Pablo memiliki ekstensi Chrome, tetapi Anda dapat menggunakannya di browser apa pun.

Dibutuhkan beberapa waktu dan upaya untuk mempelajari cara menggunakan Pablo. Semuanya ada di depan Anda: dari kemampuan untuk mengunggah foto Anda hingga beberapa filter foto. Mungkin hal terbaik tentang Pablo adalah penskalaan otomatis. Sesuaikan ukuran gambar untuk berbagai platform media sosial hanya dengan satu klik. Prasetel yang didukung termasuk Google+, Facebook, Twitter, dan Pinterest. Pablo belum memiliki template untuk gambar header. Ini tidak selalu merupakan kerugian, karena Pablo bertujuan untuk menyediakan cara cepat dan mudah untuk memposting foto di situs jejaring sosial.

Sudahkah Anda menemukan editor foto online yang sempurna? Apa yang Anda gunakan untuk mengambil foto untuk media sosial? Jika Anda telah menggunakan salah satu alat alternatif Canva dari daftar, beri tahu kami bagaimana Anda melakukannya di bagian komentar di bawah.