Aplikasi Saham
Aplikasi Saham

10 Aplikasi Saham, Rangkul Investor Pemula dan Profesional

Di era digital ini, segalanya menjadi lebih sederhana dan praktis, termasuk investasi. Perendaman dalam dunia pasar modal, perolehan informasi, transaksi saham, obligasi, pasar uang, dll. sekarang dapat dijalankan dengan aplikasi swap tunggal. Beberapa aplikasi investasi ini membantu investor pemula dan profesional untuk berinvestasi dengan aman dan nyaman dengan memberikan saran tentang alat yang tepat untuk informasi bisnis untuk mengurangi kerugian dan memaksimalkan keuntungan sehingga investor tidak berhenti berinvestasi.

Aplikasi ini juga memuat berita terkini tentang emiten, makroekonomi, bursa efek Indonesia (BEI) dan lain-lain. Aplikasi investasi ini juga menyediakan informasi nilai kapitalisasi pasar, shadow profit margin (PER), harga buku (PBV) dan banyak emiten dari aplikasi transaksi ekuitas.

Berikut adalah 10 aplikasi saham terbaik!

1. Indo Premier Online Technology (IPOT)

Indo Premier Sekuritas adalah salah satu perusahaan sekuritas terbaik dan terbesar di Indonesia. Gelar ini menawarkan investasi pasar modal kepada individu dan bisnis dan dilisensikan oleh OJK No. KEP-11 / PM / PPE / 1996. Didirikan pada tahun 1996, perusahaan telah mencapai volume transaksi Rp 10 triliun pada paruh pertama tahun 2019 dan pangsa pasar 20%, dan mencapai volume transaksi Rp 10 triliun pada semester I-2019.

Produk layanan yang ditawarkan oleh Indo Premier Sekuritas antara lain investasi dana investasi, perencanaan keuangan, layanan perbankan investasi (institusi/korporat), penjualan dan perdagangan saham (khusus untuk institusi dan perusahaan) dan jual beli dengan kurs tetap (institusi/perusahaan ).

Indo Premier Sekuritas kini telah memasuki dunia digital dengan Indo Premier Online Technology (IOT), tersedia di Playstore. IPOT adalah salah satu aplikasi sekuritas paling populer di Indonesia, menawarkan investasi di saham, reksa dana dan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF).

Salah satu fitur hebat dari aplikasi IPOT khususnya adalah Robo Trading dan Fund Evaluator. Fungsi ini mampu mengeksekusi semua order beli dan jual di saham dan pada harga yang telah ditentukan, sehingga investor tidak melewatkan kesempatan untuk mengeksekusi transaksi pada harga target. Berikut langkah-langkah menggunakan IPOT:

  1. Unduh aplikasi IPOTGO.
  2. Buka aplikasi dan klik “register”.
  3. Masukan email dan nomor handphone.
  4. Masukan kode OTP yang Anda terima melalui pesan singkat (sms).
  5. Masukan NIK.
  6. Lengkapai informasi terkait identitas Anda.
  7. Foto selfie sambil memegang KTP.
  8. Buat username dan password.
  9. Buat nomot PIN.
  10. Periksa kembali data yang kamu sudah lengkapi.
  11. Selanjutnya baca persetujuan pembukaan rekening.
  12. Lalu, klik setuju atau ya.
  13. Registrasi sudah selesai. Anda akan diminta untuk menunggu e-mail verifikasi. Jika sudah menerima email, klik link yang dikirim melalui email dan login untuk konfirmasi pembukaan rekening. Selanjutnya, Anda akan menerima e-mail konfirmasi kalau pembukaan akun IPOTGO Anda sedang dalam proses.
  14. Setelah menerima SID (Single Investor Identification) dan rekening saham RDN (Rekening Dana Nasabah), Anda bisa login ke aplikasi IPOTGO dan mulai berinvestasi saham.

2. Mirae Asset Sekuritas

Didirikan pada tahun 1994 sebagai Monas Buana Sekuritas, perusahaan sekuritas sering menempati 3 Besar pasar saham. Pada tahun 2018 Mirae Asset Sekuritas berhasil mencatatkan namanya di antara saham-saham terbaik di Indonesia. Sementara itu, pada September 2020, perusahaan sekuritas ini berhasil mencatatkan nilai transaksi ekuitas tertinggi sebesar Rp227,13 triliun.

Mirae Asset Sekuritas menawarkan berbagai layanan, termasuk transaksi saham dan obligasi untuk toko ritel dan korporasi, transaksi saham online dan dana investasi dengan produk tradisional atau syariah, transaksi margin, serta riset bisnis dan ekonomi. Mirae Asset juga hadir di dunia digital dengan membuat dua aplikasi, yaitu HOST (untuk pengguna PC atau laptop saja) dan NEO HOST (untuk ponsel). Meski minimal setoran cukup tinggi yaitu Rp 10 juta, namun biaya transaksi saham di Mirae cukup rendah, yaitu 0,25% untuk penjualan dan 0,15% untuk pembelian.

3. BNI Sekuritas

Anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk beroperasi di pasar modal, menyediakan transaksi dalam bentuk perdagangan bursa, surat utang, investment banking dan wealth management. Didirikan pada tahun 1995, perusahaan efek ini dinobatkan sebagai Perusahaan Efek Aktif Terbaik di Indonesia tahun 2018 oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

BNI Sekurtias OJK adalah perantara pedagang efek yang berizin dengan nomor KEP-19/PM/1995 dan nomor KEP-21/PM.2/2017. Selanjutnya, usaha asuransi efek ini memiliki nomor: KEP-20/PM/1995 dan KEP- 20 / PM.2 2017. BNI Sekuritas adalah bisnis perbankan investasi, pialang saham, pialang pendapatan tetap, agen penjual reksa dana dan masih banyak lagi. . BNI juga telah menjangkau investor yang bergerak secara online. Berikut langkah-langkah berinvestasi di BNI Sekuritas online:

  1. Buka laman bnisekuritas.co.id.
  2. Klik kolom rekening.
  3. Klik “registrasi online”.
  4. Lengkapi pertanyaan data diri. Dalam hal ini ada 3 jenis pertanyaan, yaitu informasi dasar, informasi tambahan, dan koesioner.
  5. Selanjutnya, klik “Daftar”.
  6. Tunggu kiriman email dari BNI.
  7. Tanda tangani dokumen yang dikirim melalui email dan kirim kembali.
  8. Apabila pengajuan disetujui, Anda akan menerima username dan password untuk bertransaksi.

Selain melalui website, investor juga dapat berinvestasi di BNI Sekuritas melalui aplikasi BIONS Mobile yang dapat diunduh dari Playstore. Untuk memproses aplikasi investasi, klien harus melakukan setoran awal sebesar Rp 1.000.000.

BIONS menawarkan akun percobaan yang menawarkan wawasan kepada investor yang tidak berpengalaman tentang dunia pasar modal. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan sejumlah fitur penting lainnya seperti daftar pesanan otomatis, daftar periksa, perdagangan industri, pencarian, dasar-dasar promosi bisnis.

4. MNC Sekuritas

Sesuai dengan namanya, MNC Sekuritas merupakan anak perusahaan dari grup MNC, PT MNC Kapital Indonesia Tbk. di bawah. Untuk transaksi dengan MNC Sekuritas, investor diharuskan membayar biaya pembelian sebesar 0,18% dan komisi penjualan sebesar 0,28%. Untuk membuka rekening, investor hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp100.000 sebagai setoran awal.

Pembukaan rekening di MNC Sekuritas cukup mudah, bahkan secara online. Namun, calon investor yang ingin mendaftar sebagai nasabah di perusahaan sekuritas ini harus memiliki rekening di BCA untuk membuka rekening saham di MNC Sekuritas.

5. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas hadir dengan aplikasi SEKARANG. Aplikasi ini dirancang dengan sistem antarmuka pengguna atau antarmuka yang ramah untuk pengguna baru atau investor pemula. Komisi penjualan saham di PALING adalah 0,28% per transaksi dan komisi pembelian adalah 0,18%.

Sebagian besar pendaftaran dilakukan secara online. Selain itu, Mandiri Sekuritas memberikan dukungan pelatihan pribadi dan online kepada investor ekuitas dan akses penuh ke penelitian harian analis profesional Mandiri Sekuritas.

6. Bibit

figur publik sebagai bintang iklan membuat aplikasi Bibit semakin populer. Dalam beberapa tahun terakhir, Bibit gencar dipromosikan sebagai “Otomatis Berinvestasi di Reksa Dana”. Berkat kemudahan penggunaannya, Seeds mencakup banyak investor, dari pemula hingga investor profesional.

Aplikasi berlisensi OJK ini memiliki investasi minimal yang sangat terjangkau. Investor hanya dapat melakukan transaksi investasi senilai Rp 10.000 dengan Bibit. Nilai nominal ini cukup menguntungkan, terutama bagi investor pemula yang ingin mempelajari lebih dalam tentang pro dan kontra dunia pasar modal tanpa harus khawatir akan kerugian yang besar. Aplikasi ini, didukung oleh berbagai e-wallet, menawarkan berbagai macam dana investasi mulai dari saham, obligasi, hingga pasar uang.

Investor yang mendaftar Bibit memiliki beberapa keuntungan, seperti pendaftaran online dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit, semua pembelian dari Bibit gratis, reksa dana dapat ditarik kapan saja tanpa penalti, Rp 10.000 dan keuntungan reksa dana tidak dikenakan pajak .

Sebagai permulaan, aplikasi Seed dapat menjadi asisten dalam investasi Anda. Karena ketika klien mendaftar, Bibit memilihnya berdasarkan profil, usia, pendapatan, risiko, dan tujuan investasi, sehingga investor tidak perlu bingung harus menyimpan uangnya di mana.

7. Bareksa

Bareksa adalah salah satu aplikasi investasi paling populer bagi para penggiat pasar modal. Bareksa adalah aplikasi praktis, karena semua aktivitas mulai dari pendaftaran hingga transaksi dilakukan secara online. Aplikasi yang didukung oleh OJK ini menawarkan lebih dari 150 produk reksa dana, baik tradisional maupun syariah. Selain itu, lebih dari 50 manajer investasi siap membantu investor mencapai tujuan investasinya.

8. Stockbit

Mengutip Bursa Efek Indonesia (BEI), Stockbit diluncurkan sebagai wadah bagi investor untuk bertukar informasi tentang emiten atau penawaran saham. Tak lama kemudian, forum ini berkembang hingga mampu mempengaruhi pergerakan harga pasar modal. Seiring waktu, Stockbit juga telah berkembang menjadi aplikasi investasi ekuitas di mana investor dapat berdiskusi, menganalisis, dan memperdagangkan saham.

9. RTI Business

RTI Business menawarkan berbagai informasi pasar modal, mulai dari kutipan, grafik, data keuangan, analitik, informasi perusahaan dan pasar modal, dan banyak lagi. Melalui RTI Business, investor dapat melacak kinerja perusahaan selama lima tahun di seluruh laporan laba rugi, profitabilitas, arus kas, pertumbuhan, pendapatan, dan neraca. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu investor awam untuk lebih memahami transaksi investasi saham secara online melalui fitur IDX Virtual Online Trading.

10. Ajaib

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1 juta ini berisi panduan dan penawaran produk yang sesuai dan lebih menguntungkan sesuai dengan kondisi keuangan investor. Anak perusahaan Grup Ajaib ini juga memberikan informasi cepat tentang waktu terbaik untuk membeli dan menjual saham untuk membantu investor memaksimalkan keuntungan mereka.

Selain itu, salah satu aplikasi investasi saham online terbaik ini telah mendapatkan izin operasional dari BEI dan OJK.