Kamera Pocket Terbaik
Kamera Pocket Terbaik

10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik

Kamera digital kompak atau disebut juga kamera saku lebih kecil dari kamera standar, namun hasilnya tidak kalah dengan kamera jenis lain, seperti DSLR. Khusus untuk yang suka traveling, kamera ini lebih mudah dibawa berkat ukurannya yang ringkas.

Desain kamera saku juga disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, ada kamera profesional dan ada juga kamera travel. Pada artikel ini kita akan berbicara tentang cara memilih dan merekomendasikan kamera saku terbaik dan cara merawatnya.

Cara Memilih Kamera Pocket yang Bagus

Kamera pocket memang tersedia dalam berbagai spesifikasi dan harga, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli kamera pocket yang berkualitas bagus.

  1. Mengecek faktor yang mempengaruhi kualitas gambar
  2. Memilih sesuai jenis tangkapan yang dibutuhkan
  3. Meneliti fitur penunjang kinerja kamera
  4. Memeriksa bobot dan ketahanan baterai

10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik

1. DJI Pocket 2 – 3-Axis Gimbal Handheld Stabilizer

Dengan berat hanya 116 gram, DJI Pocket 2 memiliki bobot dan bobot yang tidak lebih dari telapak tangan Anda, sehingga pasti sangat mudah dibawa ke berbagai lokasi. Kamera saku ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap, salah satunya adalah Gimbal 3-sumbu yang menstabilkan kamera. Sensornya hanya 1 / 1,7 inci dan dapat mengambil foto 64MP dan video 4K. Dikombinasikan dengan lensa sudut lebar 20mm f / 1.8, lensa ini menawarkan tampilan sinematik yang lebar dan jelas.

Untuk menunjang performa, DJI Pocket 2 dilengkapi dengan baterai yang dapat digunakan terus menerus hingga 140 menit. Kamera saku terbaik ini dibanderol dengan harga Rs 5,7 juta dan dilengkapi dengan kasing, joystick mini, dudukan tripod (1/4″), tali pergelangan tangan, set stiker, adaptor smartphone (petir dan USB-C) dan kabel daya.

2. Fujifilm Instax Mini 11

Fujifilm Instax Mini 11 adalah salah satu merek kamera saku terlaris di pasaran. Produk ini berisi kamera analog instan pada 60 frame per detik dan dirancang untuk keperluan pribadi. Kami menggunakan lensa Fujinon 60mm F / 12.7 untuk lensanya, sehingga sangat cocok untuk fotografi close-up.

Fujifilm Instax Mini 11 didasarkan pada 2 baterai AA yang bertahan sekitar 60-90 menit dalam penggunaan. Kamera saku terbaik dengan berat hanya 293 gram ini cukup murah, dibanderol sekitar Rp 1 jutaan.

3. Sony Cybershot DSC W830

Sony Cybershot DSC W830 memiliki kamera 20.1MP, sensor gambar Super HAD CCD dan mendukung prosesor BIONZ, sehingga Anda dapat mengambil foto resolusi tinggi dan video HD 1280 x 720p pada 30 frame per detik. Dengan sensitivitas ISO 3200, kamera saku ini dapat mengambil foto dengan baik meski dalam kondisi minim cahaya. Sony Cybershot DSC W830 juga memiliki sejumlah fitur keren seperti 8 deteksi wajah, teknologi kunci senyum, deteksi kelopak mata, efek kecantikan.

Baterai menggunakan baterai NP-BN Li-ion 630mAh, yang menyediakan sekitar 3,6 volt. Media optik SteadyShot membuat kamera lebih stabil untuk mengambil foto atau merekam video. Kamera saku terbaik ini cukup mudah ditemukan di e-commerce dengan harga Rp 2 juta.

4. Moza MOIN Camera Pocket 3-Axis Motorized

Moza MOIN adalah kamera saku yang tidak terlalu mahal, tetapi memiliki fitur yang sangat lengkap seperti layar sentuh 2,45 inci untuk kontrol pengaturan kamera yang mudah dan anti-guncangan bermotor 3-sumbu yang mengambil bidikan yang sangat halus. Produk ini juga dilengkapi dengan sistem stereo digital MOZA, sehingga Anda dapat merekam video dengan suara jernih dan minim noise.

Moza MOIN memiliki sensor 1/2,3 inci yang menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan noise rendah. Dipasangkan dengan lensa FOV 120 °, kamera saku yang sempurna ini sangat cocok untuk merekam video selfie atau pemandangan yang luas. Dijual dengan harga Rp 3,6 juta, Moza MOIN juga dilengkapi dengan night mode yang memberikan waktu pencahayaan hingga 60 detik.

5. Canon iNSPiC (C) CV-123A

Canon iNSPiC [C] dilengkapi dengan printer CV-123A, sehingga Anda dapat mencetak foto Anda secara instan. Anda juga dapat mencetak foto dari ponsel cerdas Anda dengan Canon Mini Print. Kamera saku ini menawarkan fitur pengeditan gambar seperti menambahkan stiker, pencahayaan warna foto, atau efek kecantikan.

Canon iNSPiC [C] CV-123A didesain berukuran kecil, sehingga pas di saku Anda. Dipasangkan dengan 2 cermin mandiri dan baterai isi ulang dengan bank daya, produk ini adalah kamera saku terbaik untuk bepergian. Anda bisa membeli Canon iNSPiC [C] CV-123A hanya dengan Rp 1,7 juta di toko resminya.

6. Panasonic Lumix DMC-LX10 Kamera Pocket

Panasonic LUMIX LX10 menggabungkan lensa F1.4-2.8 dan sensor 1 inci untuk ekspresi yang luar biasa. Salah satu fitur hebat dari kamera saku adalah lensa LEICA DC VARIO-SUMMILUX F1.4-2.8 24-72mm yang sangat jernih, yang mengambil foto detail bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Anda juga dapat menambahkan efek bokeh yang indah untuk hasil fotografi yang lebih menakjubkan.

Panasonic LUMIX LX10 memiliki panjang fokus minimum 3cm, sehingga Anda dapat menangkap close-up dengan detail yang luar biasa. Kamera saku terbaik ini juga mendukung koneksi Wi-Fi built-in, sehingga Anda dapat mentransfer foto dari kamera ke perangkat lain tanpa menggunakan kabel USB. Panasonic LUMIX LX10 mudah ditemukan di e-commerce dengan harga Rp8 juta.

7. RICOH Camera GR III

Secara fisik, kamera saku Ricoh GR III memiliki desain yang ringkas dan daya cengkeram yang tinggi sehingga tangan Anda tidak mudah lelah saat bepergian. Produk ini juga dilengkapi dengan tombol sentuh yang membuatnya praktis dan fleksibel untuk digunakan. Ricoh GR III memiliki berat hanya sekitar 257 gram dan memiliki kapasitas baterai 200 foto dan 180 menit video saat terisi penuh.

Kamera saku terbaik ini memiliki resolusi kamera 24.24MP dan sensor APS-C CMOS, sehingga mampu menangkap gambar dengan mulus meski dalam kondisi minim cahaya. Dilengkapi dengan Wi-Fi dan bluetooth, beberapa foto dapat langsung ditransfer ke perangkat lain tanpa kabel USB. Ricoh GR III dapat dibeli langsung dari toko resmi seharga Rs 15,3 juta.

8. Blackmagic Design Pocket Cinema Camera 4K

Jika Anda membutuhkan camcorder saku untuk bekerja, Camcorder Bioskop Saku Desain Blackmagic mungkin menjadi pilihan yang tepat. Produk ini memiliki sensor 4/3 inci yang memungkinkan Anda menangkap gambar Full HD pada 60 fps atau dalam gerakan lambat pada 120 fps. Lensa Micro Four Thirds digunakan untuk bidikan sempurna, dan lensa PL, C, dan EF juga dapat digunakan dengan adaptor opsional yang disertakan.

Produk ini memiliki nilai ISO yang cukup tinggi, mencapai 25.600, sehingga menghasilkan foto yang bagus meski dalam kondisi gelap. Kamera Bioskop Saku Desain Blackmagic juga memiliki fitur audio seperti input mini-XLR, mikrofon stereo internal, dan remote control Bluetooth. Kamera saku terbaik dengan berbagai fitur ini dijual relatif lebih mahal dari produk sebelumnya, yakni sekitar Rp 28,3 juta.

9. Nikon Coolpix Pocket Camera S3400

Nikon Coolpix S3400 memiliki sensor 20,1MP dan CCD 1/2,3 inci, sehingga foto diambil pada resolusi 5152 x 3864 piksel. Kamera saku memiliki ukuran layar 2,7 inci dengan teknologi TFT LCD, lapisan anti-reflektif, 230.000 piksel dan 5 kecerahan. Lensanya menggunakan Lensa Kaca Nikorr dengan zoom optik 7x, panjang fokus 4,7-32.9mm, dan bukaan f/3.4-6.4.

Baterai kamera saku terbaik adalah baterai Li-ion yang bertahan 90 menit saat baterai terisi penuh. Meskipun memori internal yang tersedia hanya 25MB, Anda dapat memperluas kamera saku terbaik ini dengan slot kartu SD, membuat ruang penyimpanan lebih lapang. Nikon Coolpix S3400 dijual cukup murah hanya dengan Rs 1,7 jutaan.

10. Canon PowerShot G7X Mark III

Canon PowerShot G7X Mark III menawarkan resolusi 20.2MP 1 inci dan sensor CMOS yang digabungkan dengan prosesor gambar DIGIC 8 untuk fokus cepat dan video UHD 4K30p. Seperti kamera saku sebelumnya, Canon PowerShot G7X Mark III dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer yang menstabilkan kamera saat merekam video. Dengan dukungan konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi, mentransfer file ke perangkat lain akan lebih mudah.

Canon PowerShot G7 menggunakan baterai 1250 mAh Li-ion Rechargeable Mark III NB-13L. Kamera saku terbaik ini hadir dalam satu bundel dengan pengisi daya baterai Canon CB-2LH dan strap pergelangan tangan WS-DC12 seharga 12 juta rupiah.